Beranda » Jepret » Asy-Syifa, Obat Penyejuk dari Komplek Militer

Asy-Syifa, Obat Penyejuk dari Komplek Militer

Catatan Iranda Novandi

TIDAK selamanya komplek militer itu menakutkan atau mengerikan. Buktinya, di komplek militer satu ini, bila kita berkunjung kesana, terasa sejuk dan damai. Tidak ada kesan menakutkan, seperti anggapan banyak orang selama ini, akan komplek militer.

masjid-asy-syifa_1-copy

pintu depan masjid

Kalau tak percaya, cobalah datang ke komplek Kesehatan Kodam (Kesdam) Iskandar Muda, yang terletak di Kuta Alam, Banda Aceh. Disitu terdapat satu bangunan masjid yang mungil, namun terlihat indah dan dirawat dengan baik.

baca juga: Al-Falah Lamjampok, Masjid Megah Swadaya Masyarakat

Dalam masjid ini — seperti banyak kebanyakan masjid lainnya — kita menemukan kesejukan dan kedamaian, sehingga betah rasanya berlama-lama di dalam masjid yang diresmikan oleh Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM) yang kala itu dijabat Mayjen TNI L. Rudy Polandi.masjid-asy-syifa-copy

Masjid Asy-Syifa Kesdam IM, diresmikan bersamaan dengan buka puasa bersama prajurit dan PNS Kesdam IM, di komplek Perkantoran Kesdam IM, Rabu 29 Juni 2016 malam. Saat itu juga dihadiri Kasdam IM yang masih dijabat Brigjen TNI Moch Fachrudin.

Bersamaan dengan peresmian masjid ini juga, diberikan santunan kepada 20 anak yatim panti asuhan BTRG (Baldatun Thayyibatun Warabbul Ghafur), gampong (desa) Cerih Kecamatan Ulee Kareng, Banda Aceh.

resmi-masjid-copy

Mayjen L Rudi Polandi Meresmikan Masjid Asy-Syifa

“Kepada seluruh Personel Kesdam IM, semoga Masjid Asy-syifa, bisa diramaikan dan dijadikan tempat untuk beribadah serta pendekatan diri kita kepada Tuhan Yang Maha Esa,” ingat Mayjen L Rudi Polnadi kala itu.

Himbauan mantan Pangdam IM ini, memberi makna kuat dengan arti Asy-syifa itu sendiri. Dalam bahasa Arab, Syifa berarti obat. Kata Syifa disebut sebanyak 4 kali dalam Al Qur’an, yaitu dalam surat: Yunus ayat 57, An Nahl (69), Al Isra (82), dan surat Fushshilat (44).

Secara eksplisit Al-Qur’an dikatakan merupakan syifa (obat). Namun terdapat perbedaan di kalangan ulama tentang jenis penyakit yang dapat disembuhkannya. Ada yang mengatakan Al Qur’an hanya syifa’ untuk penyait hati, sementara yang lain mengatakan juga syifa’ untuk jasmani.

Dalam surat Yunus (57) Allah berfirman, “Hai manusia, sesunguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhan-mu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang ada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orangorang beriman”.

Menurut Ustadz Ahmad Hariadisesuai dengan redaksi ayat ini para ulama bersepakat bahwa Al-Qur’an dapat menjadi obat bagi penyakit-penyakit rohani, seperti kemunafikan, kesombongan, dan semacamnya.

Berkait dengan penyakit-penyakit yang dirasa ada peran syaithan di dalamnya, Nabi Ayyub pernah mengalaminya dan Allah telah memberitahu bagaimana cara mengatasinya. “Dan ingatlah hamba Kami Ayyub ketika ia menyeru Tuhannya, ’Sesungguhnya aku diganggu syaithan dengan kepayahan dan siksaan’ Allah berfirman, ’Hantamkanla kakimu; inilah air yang sejuk untuk mandi dan untuk minum’ (Shad:41).

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Nah, bila anda yang berada di Banda Aceh, tak salah bila menyempatkan mengunjungi masjid mungil ini. Guna menambah kentalnya ibadah di Aceh, tiga buah pintu yang dimiliki masjid ini, diukir dengan gambar Pinto Aceh.

baja juga: Masjid Tempurung, Masjid Unik di Padang Tiji

Mana tau, bila langkah anda bisa menginjakan rumah Allah ini, bisa menjadi penawar atau obat guna menyembuhkan “penyakit” yang ada dalam perasaan, bathin bahkan fisik anda. Dan masjid ini, setiap lima waktu melaksanakan shalat berjamaah. Bila, hari Jumat, di masjid ini dilaksanakan shalat Jumat berjamaan, yang terbuka bagi umum, tidak saja keluarga besar Kodam IM saja.

Untuk membuktikan, datanglah dan rasanya sensasinya beribadah di masjid yang memiliki hambal (sajadah) yang lembut, ditambah sejuk pendingin ruangan serta, nuansa putih sebagai dasar cat ruangan, kiranya bisa membawa kita lebih khusuk bersimpuh menghadap Ilahi Rabbi.][masjid-asy-syifa_3-copy

2 thoughts on “Asy-Syifa, Obat Penyejuk dari Komplek Militer

  1. Ping-balik: Pasien BKO | BUKU Iranda

  2. Ping-balik: “Jenderal Aceh” | BUKU Iranda

Tinggalkan komentar